The Art of War

Ketahuilah diri mu, ketahuilah musuh mu, berperanglah 1000 kali, dan kau akan menang.
Aku ingin mengetahui semua kelemahan mu bukan berarti aku ingin mentertawakan atau merendahkan mu, tetapi aku ingin lebih jujur dalam mencintai mu.

Jumat, 04 Juni 2010

ILMU ITU MAHAL!

Pendidikan menjadi sebuah kunci yang utama majunya suatu negara. Tanpa adanya pendidikan yang berkualitas maka akan sangat sulit untuk menjadikan negara itu berkembang. Menjadi suatu hal yang percuma jika kaya dengan sumber daya alam tetapi miskin dalam sumber daya manusia. Bukan berdasarkan kepada kuantitas tetapi lebih kepada kualitas SDM tersebut. SDM yang berkualitas mulai di bentuk melalui pendidikan yang paling dasar, yaitu dari play group, TK, sampai kepada tingkat perguruan tinggi yang nantinya akan menjadi penerus dan penentu keberhasilan suatu bangsa.
Secara umum, perguruan tinggi merupakan tingkat yang paling tinggi dalam membutuhkan pembiayaan. Mulai dari uang kuliah, uang buku, dan segala macam jenis pengeluaran yang berhubungan dengan perkuliahan. Ketika masuk menjadi seorang mahasiswa di suatu perguruan tinggi maka sudah tentu setiap semester akan dihadapkan dengan pembayaran perkuliahan yang biasanya sudah stagnan dari setiap semester, dan biasanya yang membedakan adalah jumlah SKS yang akan di bayar (PTS). Akan tetapi, ketika pihak kampus tiba-tiba melakukan kenaikan dalam pembayaran uang kuliah maka itu akan menjadi problem yang besar, baik bagi mahasiswa maupun juga orang tua.
Sebagai mahasiswa kenaikan uang kuliah merupakan hal yang perlu di maklumi ketika kenaikkan tersebut di sertai dengan alasan yang tepat dari pihak kampus. Perlu adanya konfimasi yang jelas berhubungan dengan kenaikkan tersebut sehingga para mahasiswa tidak salah dalam mempersepsikannya. Kenaikkan uang kuliah merupakan bentuk yang harus di maklumi jika melihat dari perkembangan ekonomi saat ini. Krisis gobal yang melanda menjadikan semua aspek ikut merasakan imbasnya tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Dengan demikian, sikap maklum itu menjadi hal yang wajar yang harus di tunjukkan.
Selain karena memang adanya perkembangan ekonomi yang tidak menentu, kenaikkan tersebut haruslah di sertai dengan meningkatnya mutu atau kualitas pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas. Misalnya dosen harus datang tepat waktu, sarana dan prasarana pembelajaran yang baik atau minimal memadai sehingga dengan demikian harga dari belajar tersebut sesuai dengan yang di bayar. Ada suatu ungkapan bahwa ilmu itu mahal. Begitulah memang. Untuk mendapatkan suatu ilmu yang baik dan bermanfaat kita harus membayar mahal ilmu tersebut karena tidak gampang menciptakan suatu ilmu yang baik dan bermanfaat bagi semua orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar